Sabtu, 14 Februari 2015

Profil Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah, Pusat Kolaka-Sulawesi Tenggara

Profil Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah,
 Pusat Kolaka-Sulawesi Tenggara

LOGO YAYASAN PONDOK PESANTREN AL MAWADDAH WARRAHMAH
Sejarah Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Pusat Kolaka, berawal dari refleksi renungan spritual dalam pembinaan Taman Pendidikan Al Qur’an(TPQ) di Masjis Al Mawaddah SMPN 2 Kolaka pada Tahun 1998, selanjutnya di tangan kreatif Dr. K. H. M . Zakariah, M. A selaku pendiri untuk merangkul beberapa mujahid dan dermawan muslim diantaranya H. Umar Tebu, S. Sos, M. Si, H. M. Natsir Malik, H. Madeli HS, H. Muh. Yunus, H. M. Nurwahid, H.M Satar Arfah, H. M. Ramli Badawi, H. Pamma, H. Syahrir Hasan, dan H. Ajuddin Ali. Mereka menanam saham kebahagian akhirat melalui Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah, Koalak dengan tujuan suci, membangun kecerdasan dan lifeskill masyarakat bernafaskan islam di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

 DR. K.H.M. ZAKARIAH, M.A (PIMPINAN PONDOK PESANTREN DAN KETUA STAI AL MAWADDAH WARRAHMAH).


TAMPAK DEPAN KAMPUS I PONPES AL MAWADDAH WARRAHAMAH



Meski terhitung muda, wujud nyata pembinaaan dapat dirasakan masyarakat dengan hadirnya kader-kader mubaligh, imam hafidz 30 Juz, serta memiliki alumni yang diakui untuk melanjutkan studi di Mahad Madinah, Arab Saudi. Berkat upaya keikhlasan dan kerja keras, kini Pondok Pesantren Al Mawaddah Warrahmah Kolaka telah memiliki beberapa jenjang pendidikan dari kelompok Bermain/Play Group, Tingkat Raudhatul Athfal/TK Akreditasi A, Madrasah Ibtidayyah/SD Akreditasi A, Madrasah Tsnawiyah/SMP Akreditasi A, Madrasah Aliyah/SMA Akreditasi A, Madrasah Diniyyah (Kepesantrenan). Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan masyrakat yang berkeinginan agar anaknya mengenyam sistem kepesantrenan, maka dibuatlah embaga pendiikan model kepesantrenan terpadu, yang terdiri dari TK Islam Terpadu, SD Islam Terpadu, SMA Islam Terpadu. Mengingat banyaknya lulusan Madrasah Aliyah, SMA se Kolaka yang ingin melanjutan studinya ke perguruan tinggi negeri maka, pihak pondok mendirikan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Mawaddah Warrahamah, beralamat di Jalan Pondok Pesantren No. 10 Kolaka, Kelurahan Lamokato, Kecematan Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara. Sekarang, Sekolah Tinggi Al Mawaddah Warrahmah memiliki beberapa program studi, yang terdiri dari Pendidikan Agama Islam Terakreditasi B- BAN PT, dan Ekonomi Islam Terakreditasi B-BAN PT.
Untuk mendukung amaliah-amaliah Pesantren, maka dibentuklah beberapa lembaga amal dan sosial seperti Koperasi, Lembaga Amil Zakat, dan Baitul Mal Watamwil. 

1 komentar:

  1. ada yg tahu sejarah pendidikan islam dikabupaten kolaka pd masa orde lama dn orde baru?

    BalasHapus